Tidak ada Pekerjaan yang Sulit

Advertisement



Hambatan utama dalam meraih kesuksesan adalah tidak segera melakukan apa yang harus kita kerjakan. Langkah pertama adalah langkah yang paling sulit dalam suatu perjalanan. Seringkali kita menunda untuk melakukan suatu tugas atau pekerjaan karena kita melihat bahwa tugas tersebut terlalu berat dan menakutkan. Sehingga kita enggan untuk mulai mengerjakannya dan cenderung menunda-nunda pekerjaan itu.

Brian Tracy memperkenalkan dua metode yang dapat digunakan untuk memudahkan kita dalam mengerjakan tugas atau pekerjaan yang berat. Metode yang pertama adalah metode irisan salami. Tugas yang berat ibarat seekor ikan mentah yang harus kita makan. Orang Jepang memakan ikan mentah dengan membaginya ke dalam beberapa irisan tipis. Begitu pula dengan tugas berat yang kita hadapi, cara termudah untuk menyelesaikannya adalah dengan membaginya ke dalam beberapa tugas kecil, lalu mengerjakannya satu per satu.

Metode kedua adalah metode keju Swiss. Apabila Anda amati, di dalam sepotong keju Swiss terdapat beberapa lubang yang merupakan rongga-rongga udara. Demikian pula tugas berat yang kita hadapi. Agar lebih mudah untuk dikerjakan, kita harus memberi lubang atau jeda pada pekerjaan tersebut. Kerjakanlah tugas berat Anda selama beberapa waktu, lalu kerjakan tugas yang lain yang lebih ringan, lalu kembalilah pada pekerjaan berat tersebut.

Manfaatkanlah kedua cara tersebut untuk membuat tugas Anda yang berat menjadi lebih ringan. Ingatlah bahwa semakin Anda menunda suatu pekerjaan, semakin tertunda pula perjalanan Anda menuju kesuksesan. Bahkan dengan memanfaatkan kedua metode tersebut, Anda akan merasakan ketagihan dalam mengerjakan setiap tugas yang Anda hadapi. Karena begitu satu pekerjaan kecil selesai, Anda akan merasakan kesenangan tersendiri yang membuat Anda semakin termotivasi untuk melahap pekerjaan besar yang lain.

Sumber: Eat That Frog! karangan Brian Tracy

Advertisement



loading...

Add Comment

Apa yang Anda cari?