Memanfaatkan Waktu yang Tercecer

Advertisement



Setiap orang mendapatkan jatah waktu yang sama. Tapi mengapa ada orang yang sukses dan ada orang yang hidup dalam keadaan biasa-biasa saja? Sekali lagi, jawabannya di cara orang sukses memanfaatkan waktu mereka. Orang sukses memanfaatkan waktu mereka dengan sangat baik. Mereka memiliki jadwal yang terencana mengenai kegiatan mereka. Setiap waktu yang ada mereka manfaatkan dengan sangat baik. Tapi perlu diingat, orang sukses tidak melulu bekerja keras. Ketika tiba waktu istirahat, mereka bersenang-senang sepuasnya. Mereka work hard dan play hard.

Kepandaian orang sukses dalam memanfaatkan waktu tidak berhenti di perencanaan waktu yang baik. Lebih dari itu, mereka juga memanfaatkan waktu yang tercecer dengan sangat baik. Waktu yang tercecer adalah waktu yang tersisa atau waktu kosong yang terdapat di antara kegiatan yang satu dan kegiatan yang lainnya. Misalnya si orang sukses memiliki jadwal pertemuan bisnis dengan Tuan Ali pada jam 9:00 dan pertemuan bisnis dengan Tuan Budi pada jam 10:00. Ternyata pertemuan dengan Tuan Ali selesai pada jam 9:50. Berarti ada 10 menit waktu yang kosong sebelum ia bertemu dengan Tuan Budi.

Orang sukses mampu memanfaatkan kosong tersebut dengan sangat baik. Waktu kosong tersebut ia manfaatkan untuk menyelesaikan suatu tugas kecil, atau sebagian dari sebuah tugas besar. Ingat kembali metode irisan salami dan metode keju Swiss. Orang sukses memakan irisan salami dan potongan keju Swissnya di waktu kosong tersebut.

Maukah Anda menjadi orang sukses? Jika jawabannya adalah iya, maka segera manfaatkan waktu Anda dengan bijaksana. Karena waktu adalah mata uang yang paling berharga.

Sumber: Eat That Frog! karangan Brian Tracy

Advertisement



loading...

Add Comment

Apa yang Anda cari?