Manfaat Salak

Advertisement



Buah salak sudah menjadi buah yang sangat umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia karena rasanya yang lezat dan manis. Selain itu, ternyata masih banyak kandungan dari buah yang asli berasal dari Indonesia ini yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Buah dengan nama latin Salacca ini tergolong pada jenis pohon palem yang datang dari kerabat Arecaceae. Apabila dalam bahasa Inggris, buah ini disebut dengan snake fruit yang berarti buah ular. Disebut buah ular karena kulit buahnya memang sangat mirip dengan sisik ular.

Selain dapat dimakan secara langsung, buah salak ini juga bisa diolah menjadi berbagai macam olahan, seperti manisan, asinan, dan keripik salak yang dikemas. Selain aneka olahan tersebut, kadang ada beberapa orang yang membuat buah ini untuk dijadikan bahan rujak. Jika Anda ingin tahu lebih banyak lagi perihal manfaat salak yang berguna bagi kesehatan manusia? Beriut kami sampaikan ulasan mengenai manfaat salak berikut ini.

1. Berguna bagi mata.
Buah yang sudah dibudidayakan di negara tetangga, seperti Thailand, Filipina, Malaysia, serta Papua Nugini ini ternyata kaya akan betakaroten yang memegang peranan penting untuk menjaga mata kita agar tetap sehat. Ada penelitian terbaru yang mengatakan bahwa kandungan gizi yang terkandung di dalam buah salak memiliki kandungan betakaroten yang 5,5 lipat daripada buah mangga, 3 kali lipat lebih banyak dari jambu biji, dan 5 kali lipat lebih banyak pula dari semangka merah ini dalam 100 gramnya.

2. Berguna untuk penderita diare.
Jika anda sedang terkena diare atau mencret, dan bingung akan mengkonsumsi obat tanpa efek samping, salak adalah solusi yang paling tepat daripada harus mengkonsumsi obat-obatan produksi pabrik yang nyata memiliki efek samping apabila dikonsumsi dalam waktu yang panjang. Dengan anda mengkonsumsi sekitar 20 gram daging buah salak segar yang masih tidak terlalu tua, maka penyakit diare anda akan terobati.

Advertisement



3. Berguna sebagai camilan sehat.
Selain dapat mengobati berbagai macam penyakit, salak juga dapat memelihara tubuh anda, cukup dengan mengkonsumsinya secara rutin dan menjadikannya sebagai camilan sehat. Buah salak juga aman dikonsumsi oleh ibu hamil karena asupan gizinya seimbang dan berguna bagi perkembangan serta pertumbuhan si janin yang sedang dikandung. Jadi, bagi para ibu hamil, jangan lupa mengkonsumsi salak, ya!

4. Berguna bagi pelaku diet.
Karena salak mengandung banyak zat gizi bermanfaat dan juga fitonutrien yang tinggi, maka buah ini dapat membantu memperlancar program diet bagi anda yang sedang menjalani diet sehat. Dalam salak, ada 2mg vitamin C, tanin, serta serat yang menyehatkan perut dan membuat rasa kenyang lebih awet daripada sebelumnya. Selain itu sebagai salah satu buah yang kaya manfaat program diet yang dijalankan juga akan lebih sempurna dengan berbagai kandungan zat baik yang terkandung dalam salak.

loading...

Add Comment

Apa yang Anda cari?