Manfaat Bayam

Advertisement



Back to Nature adalah slogan sudah sering kita baca dan lihat di banyak tempat, dimana isinya lebih menyarankan kita untuk kembali kepada alam dan menyerahkan segalanya kepada alam karena alamlah media terbaik untuk bisa lebih mengerti kita.

Senada dengan makna dari slogan tersebut, dunia pengobatan kini juga seakan sepakat untuk menyerahkan segalanya kembali kepada alam karena saat ini sudah banyak metode pengobatan yang mengedepankan bahan-bahan herbal sebagai bahan bakunya.

Apabila berbicara tentang bahan herbal, tidak lantas itu berarti aneka ragam jamu-jamuan yang namanya tidak umum terdengar, bahkan sebagian besar dari tanaman herbal tersebut seringkali kita lihat atau juga sudah tumbuh subur di pekarangan rumah kita. Salah satu dari sekian banyak bahan herbal yang terbukti menyimpan banyak manfaat bagi tubuh adalah sayur bayam. Penasaran dengan manfaat apa saja yang dimiliki sayuran yang menjadi sumber kekuatan utama dalam film animasi kartun “Popeye” ini? Berikut penjelasan rinci tentang manfaat bayam untuk anda.

1. Bermanfaat untuk indera penglihat.

Karena kandungan lutein serta zeaxanthin dalam bayam sangat banyak, maka tidak salah jika bayam dapat membantu untuk memperbaiki sistem kerja indera penglihatan manusia. Bayam juga terbukti dapat memberikan proteksi terhadap mata agar tidak terserang katarak di usia muda.

Advertisement



2. Sebagai zat anti-kanker.

Bayam memiliki jutaan phytonutrisi yang bersifat anti-kanker. Kandungan tersebut juga dikenal dengan nama flavonoid. Zat ini berfungsi untuk melambankan pembelahan sel dalam perut manusia, zat ini juga berfungsi untuk memerangi sel-sel kanker kulit dan juga kanker prostat.

3. Sebagai anti-inflamasi.

Bayam terbukti dapat memerankan peranan penting dalam proses peradangan karena kumpulan zat penting di dalamnya yang terdiri dari neoxanthin dan violaxanthin yang merupakan dua zat anti-inflamasi hadir dalam jumlah yang tak terhingga dalam sayuran yang satu ini.

4. Sebagai anti-oksidan

Karena mengandung banyak vitamin, seperti vitamin E, vitamin C, dan juga diperkaya dengan beta karoten, seng, mangan, dan juga selenium, bayam berfungsi sebagai anti-oksidan yang nyaris sempurna dan dapat dengan baik mencegah terjadinya osteoporosis, hipertensi, dan juga aterosklerosis.

5. Menurunkan hipertensi.

Seperti yang sudah dipaparkan di atas, bayam dapat menurunkan tekanan darah tinggi atau yang biasa disebut dengan istilah hipertensi karena kandungan angiotensinnya dapat menghambat I-converting enzyme.

6. Memperbaiki imunitas tubuh.

Kandungan dalam satu cangkir bayam ternyata mengandung sekitar 337% dari RDA vitamin A. Kandungan ini jelas tidak hanya bisa melindungi manusia dari beberapa penyakit saja, namun juga dapat memperkuat imunitas tubuh dan memperkuat jaringan-jaringan di dalamnya.

Sekian dulu pembahasan kali ini tentang aneka ragam manfaat dari bayam, semoga ulasan ini bermanfaat dan jangan sampai anda merasa bosan untuk mengkonsumsinya karena ada banyak zat berharga yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh anda di dalamnya.

loading...

Add Comment

Apa yang Anda cari?