Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat

Advertisement



Kali ini kami akan membahas mengenai cara menghilangkan jerawat serta cara menghilangkan bekas jerawat. Artikel ini akan kami buat berseri, sehingga penjelasan yang diberikan bisa lebih rinci dan mendetail.

cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang paling banyak dikeluhkan, terutama oleh kaum hawa. Kemunculan jerawat di wajah bisa merusak kepercayaan diri seseorang. Sebelum membahas mengenai cara mengilangkan jerawat, kami ingin review sedikit mengenai penyebab timbulnya jerawat. Ada empat faktor utama pemicu jerawat, yaitu produksi minyak yang berlebih, sel-sel kulit mati, pori-pori yang tersumbat dan bakteri. Jerawat akan semakin parah bila muncul faktor tambahan, yaitu hormon, obat-obatan, kosmetik, makanan tertentu dan gaya hidup. Apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai penyebab jerawat, silahkan baca artikel Kenali Penyebab Timbulnya Jerawat.

Cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat disesuaikan dengan tingkat keparahan atau jenis dari jerawat yang dialami (baca artikel Jenis-Jenis Jerawat). Secara umum ada empat cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat, yaitu:

  1. Mengubah pola hidup dan kebiasaan
    Hal-hal sederhana seperti tidak menyentuh wajah, rajin cuci muka, banyak minum air putih, tidur yang cukup dan rajin berolahraga sebenarnya sangat efektif untuk mengurangi dan mencegah timbulnya jerawat. Selain itu, sangat penting untuk menghindari makanan yang dapat memicu dan memperparah jerawat. Apapun tingkat keparahan jerawat yang Anda alami, pola hidup yang sehat akan membantu proses penyembuhan jerawat Anda.
  2. Menggunakan bahan-bahan alami
    Apabila yang Anda alami hanya komedo atau satu dua jerawat, Anda dapat menggunakan pendekatan alami. Ada beberapa bahan alami yang dapat dijadikan masker untuk menghilangkan jerawat. Beberapa di antaranya adalah madu, lemon, tomat, lidah buaya dan mentimun.
  3. Menggunakan obat-obatan
    Apabila pendekatan alami tidak mampu menghilangkan jerawat yang Anda derita, kini saatnya menggunakan obat-obatan. Ada beberapa obat penghilang jerawat, baik dalam bentuk oral maupun topikal yang dijual bebas di pasaran. Pada umumnya obat-obat penghilang jerawat mengandung salah satu atau beberapa bahan berikut: benzoil peroksida, asam salisilat, isotretinoin dan retin-a. Apapun obat jerawat yang Anda pilih, sebaiknya baca petunjuk penggunaan sebelum menggunakannya.
  4. Berkonsultasi dengan tenaga medis
    Apabila semua cara sudah Anda lakukan namun tidak membuahkan hasil, saatnya berkonsultasi dengan tenaga medis. Tenaga medis yang disarankan tentu saja dokter kulit. Dokter kulit bisa Anda temui di rumah sakit maupun klinik kecantikan. Dokter kulit akan mendiagnosa jerawat yang Anda derita serta memberikan solusi terhadap permasalahan yang Anda hadapi. Kadang dokter akan memberikan obat-obatan tertentu atau akan menerapkan teknik tertentu untuk menghilangkan jerawat, seperti mikrodermabrasi, laser, facial dan peeling.

Cara menghilangkan jerawat yang terbaik tentu saja dengan menerapkan pola hidup sehat dan menggunakan bahan-bahan alami. Namun apabila jerawat sudah tidak terkontrol, penggunaan obat-obatan serta konsultasi dengan tenaga medis adalah pilihan terbaik.

Advertisement



loading...

Add Comment

Apa yang Anda cari?