Beginilah Cara Orang Sukses Mengelola Waktu Mereka

Advertisement



Sebagaimana telah dibahas di artikel 3 Sifat yang Menghambat Kesuksesan Seseorang, salah satu hal yang menjadi penghambat kesuksesan seseorang adalah karena sifat malas. sifat malas disebabkan karena salah dalam menentukan prioritas. Menurut Stephen R. Covey, kegiatan seseorang dapat dibagi ke dalam 4 kelompok, yaitu:

  1. Penting dan mendesak
  2. Penting tapi tidak mendesak
  3. Tidak penting tapi mendesak
  4. Tidak penting dan tidak mendesak

Hal-hal yang bersifat mendesak adalah hal-hal yang memerlukan perhatian Anda dengan segera. Misalnya menjawab telepon yang sedang berdering. Sedangkan hal-hal yang bersifat penting adalah hal-hal yang berkaitan erat dengan hasil. Contohnya membaca jurnal kesehatan bagi seorang dokter.

Tiap kombinasi dari penting – mendesak tersebut berbeda antara orang yang satu dengan orang yang lain. Misalnya membaca sebuah jurnal kesehatan bagi seorang murid SD adalah hal yang tidak penting dan tidak mendesak. Namun bagi seorang ahli bedah yang akan segera melakukan operasi terhadap pasien yang menderita penyakit langka yang dibahas di jurnal tersebut, hal ini menjadi penting dan mendesak.

Hanya Anda yang dapat menentukan kombinasi penting – mendesak untuk aktivitas Anda. Karena Andalah yang paling ahli tentang diri Anda. Anda lebih tahu apa yang penting dan apa yang tidak penting dari aktivitas Anda, serta apa yang mendesak dan apa yang tidak mendesak. Kelompokkanlah aktivitas Anda kedalam empat kelompok tersebut.

Lalu bagaimana orang sukses mengelola waktu mereka? Orang sukses fokus pada hal-hal yang penting tapi tidak mendesak. Karena bila kita fokus kepada hal-hal yang penting dan medesak, yang akan terjadi adalah tenaga yang terkuras dan beban mental yang memicu stres. Akan lebih baik apabila kita segera menyelesaikan hal-hal yang penting sebelum hal penting tersebut menjadi mendesak. Sedangkan untuk hal-hal yang tidak penting, bisa didelegasikan kepada orang lain atau sama sekali tidak dilakukan.

Advertisement



Diadaptasi dari buku The 7 Habits of Highly Effective People

loading...

Add Comment

Apa yang Anda cari?