Anda Bukan Hamster. Anda Adalah Manusia

Apakah Anda pernah melihat hamster? Hamster adalah salah satu hewan peliharaan yang paling disukai oleh anak kecil. Berbicara mengenai hewan pengerat ini, tentu tak terlepas dari sebuah benda yang disebut roda hamster. Hamster paling senang berlari di dalam roda tersebut, mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda hamster itu dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama.

Tanpa disadari manusia juga sudah mulai berperilaku seperti hamster. Mereka terjebak dalam roda yang disebut nine to five job. Manusia bekerja dari jam sembilan pagi hingga jam lima sore. Bahkan ada beberapa yang lembur hingga larut malam demi uang tambahan. Mereka terjebak dalam roda nine to five, terus menerus bekerja, melewatkan waktu bersama pasangan, anak-anak dan orang tuanya. Hingga akhirnya mereka sadar bahwa anak-anak mereka sudah besar, umur mereka sudah enam puluh lima dan tanda penuaan tampak di mana-mana.

Berapa banyak dari kita yang tergolong dalam kelompok 13 P, Pergi Pagi, Pulang Petang, Penghasilan Pas-Pasan, Pantat Pegal-Pegal, Pala Pusing-Pusing? Apa yang Anda kejar di dalam hidup ini? Untuk siapa Anda bekerja keras mencari uang? Di dunia ini ada empat kelompok manusia:

  1. Orang yang punya waktu tapi tidak punya uang. Orang yang tergolong dalam kelompok ini adalah orang-orang yang memiliki banyak waktu luang. Mereka adalah orang-orang yang sangat aktif di awal bulan. Pada tanggal muda mereka nongkrong di mall, karaokean, nonton di bioskop. Tapi pada akhir bulan mereka mengurung diri di tempat yang sepi, main kartu, tidur-tiduran, dan facebookan. Mereka adalah para pengangguran.
  2. Orang yang punya uang tapi tidak punya waktu. Mereka adalah orang-orang yang memiliki banyak uang, tapi tidak memiliki waktu yang berkualitas bersama keluarga mereka. Mereka berangkat kerja sebelum anak-anak mereka bangun dan pulang setelah anak mereka tidur. Sehingga mereka tidak akrab dengan anak-anaknya, malahan mereka lebih akrab dengan asisten atau sekretarisnya.
  3. Orang yang tidak punya waktu dan tidak punya uang. Ini adalah kelompok yang paling apes. Penghasilan mereka sangat minim, sehingga mereka harus bekerja lebih giat dan mengorbankan waktu bersama keluarganya.
  4. Orang yang punya waktu dan punya uang. Ini adalah kelompok idaman. Mereka berlibur bersama keluarga, memiliki banyak waktu untuk bermesraan dengan pasangan dan bersenang-senang dengan anak dan orang tuanya, tapi uang terus mengalir ke rekeningnya.

Jangan mau jadi hamster yang terus menerus berlari, namun tetap berada di tempat yang sama. Jadilah orang-orang di kelompok empat, orang-orang yang memiliki banyak uang dan banyak waktu bersama orang-orang terkasih. Ingatlah bahwa uang yang sudah hilang dapat dicari kembali, tapi waktu yang sudah berlalu tidak dapat dibeli kembali.

Menurut Anda bagaimana caranya untuk menjadi orang yang punya uang dan punya waktu? Silahkan berikan komentar Anda di bawah. Setelah itu lanjut ke artikel Jangan Bekerja Untuk Uang

Leave a Reply