4 Rahasia untuk Menjadi Orang yang Selalu Beruntung

Dalam bahasa Inggris keberuntungan berarti luck. Kata LUCK tersebut adalah singkatan dari Leverage, Urgency, Connection dan Knowledge. Keempat hal inilah yang menjadi rahasia mengapa orang-orang sukses selalu mengalami keberuntungan. Mari kita bahas satu per satu rahasia keberuntungan tersebut.

Leverage (daya ungkit)
Untuk mengangkat mobil dibutuhkan dongkrak. Demikian pula untuk mengangkat hidup kita ke taraf yang lebih tinggi dibutuhkan alat ungkit. Ada 3 alat ungkit yang dapat digunakan, yaitu:

  1. Waktu. Apa yang terjadi bila Anda menjual jas hujan di musim kemarau? Meskipun Anda bekerja keras dengan sungguh-sungguh, dagangan Anda pasti kurang laku. Namun apabila Anda menjual jas hujan di musim hujan, maka dagangan Anda akan laris manis. Bahkan hanya dengan duduk diam, pelanggan akan datang dengan sendirinya. Oleh karena itu, ketahuilah waktu yang tepat. Karena upaya yang sama pada waktu yang berbeda akan memberikan hasil yang berbeda.
  2. Nilai/budaya. Di Indonesia Blackberry laku keras. Sedangkan di Amerika iPhone lebih laris dibanding Blackberry. Hal terjadi karena budaya orang Indonesia berbeda dengan budaya orang Amerika. Orang Indonesia sangat kental dengan budaya kebersamaannya, dan Blackberry mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Sedangkan orang Amerika lebih senang dengan sesuatu yang bisa dikostumisasi sesuai dengan kebutuhan tiap individu. Hal inilah yang ditawarkan oleh iPhone. Untuk bisa sukses, Anda harus memanfaatkan budaya atau nilai-nilai lokal.
  3. Manusia/orang lain. Perhatikanlah para raksasa industri yang mempekerjakan ribuan, bahkan jutaan tenaga kerja. Mereka bisa sukses karena mereka memanfaatkan tenaga orang lain. Steve Jobs tidak akan sukses apabila ia merakit sendiri iPhone yang akan dipasarkan. Namun dengan mempekerjakan orang lain, ia bisa melipatgandakan hasilnya.

Urgency (keadaan yang mendesak)
Istilah SKS tentu sangat akrab di telinga para mahasiswa. SKS atau Sistem Kebut Semalam adalah cara yang digunakan oleh beberapa mahasiswa untuk mengerjakan tugas atau mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian. Mereka mulai mengerjakan tugas atau mempelajari materi ujian sehari sebelum jadwal pengumpulan tugas atau jadwal ujian. Memang tidak semua mahasiswa cocok dengan gaya belajar seperti ini. Namun para mahasiswa yang menggunakan cara SKS sebenarnya sedang memanfaatkan kekuatan yang luar biasa dari keadaan yang mendesak. Karena potensi terbesar manusia akan muncul pada saat ia sedang terdesak.

Ciptakanlah keadaan mendesak-keadaan mendesak untuk memicu potensi terbesar dari diri Anda. Misalnya 2 tahun lagi saya akan naik pangkat. Kalau saya tidak naik pangkat, saya akan ke kantor dengan menunggang kuda selama sebulan penuh. Namun apabila saya berhasil naik pangkat, saya akan membeli mobil baru.

Connection (koneksi/relasi)
Manusia tidak bisa hidup sendiri, karena manusia adalah makhluk sosial. Untuk menjadi seorang yang beruntung, bangunlah hubungan dengan banyak orang sukses. Lebih dari itu, memiliki banyak teman saja tidak cukup. Anda harus memberitahukan apa yang Anda inginkan kepada mereka.

Knowledge (pengetahuan)
Berbisnis adalah sesuatu yang sangat berisiko apabila Anda tidak tahu caranya. Dengan memiliki pengetahuan, Anda dapat mengurangi risiko tersebut. Oleh karena itu, investasikan uang Anda pada otak Anda melalui buku dan seminar. Ingatlah bahwa investasi Anda pada benda ajaib yang berada di antara kedua telinga Anda itu akan memberikan hasil sepuluh kali lipat dari apa yang Anda investasikan kepadanya.

Diadaptasi dari buku The Science of Luck

Leave a Reply